10 Laptop Tipis Terbaik 2023, Bodi Ringan dengan Spek Gahar! 

Karya Hakim

laptop tipis terbaik

sipalinglaptop.com – Laptop tipis terbaik bukan hanya sekedar menawarkan kenyamanan dalam hal portabilitas, tetapi juga dibuat dengan desain mewah dan kinerja tangguh.

Di era digital saat ini, banyak orang lebih suka dengan laptop yang ringan dan mudah dibawa kemanapun, namun mereka juga tidak ingin mengorbankan spesifikasi dan performa.  

Untuk itu, di tahun 2023, banyak produsen laptop yang berlomba-lomba memenuhi kebutuhan konsumen dengan menyajikan laptop tipis dengan spesifikasi “gahar” yang mampu memenuhi kebutuhan semua orang.  

Saking banyaknya pilihan laptop tipis dari berbagai merk, mungkin Anda kebingungan menentukan mana yang terbaik.

Jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan memandu Anda menelusuri daftar 10 laptop tipis terbaik tahun 2023 yang bukan hanya ringan dan tipis tetapi juga menawarkan spesifikasi dan performa yang memuaskan. 

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) 

Sumber gambar: ASUS 

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) bisa dijadikan bahan pertimbangan sebagai salah satu laptop tipis terbaik tahun 2023. Jika diperhatikan, bagian atasnya terbuat dari “plasma ceramic aluminum” sehingga membuatnya tampak elegan dan mewah.  

Selain desain, laptop ini juga dibekali dengan layar OLED resolusi 2880 x 1800, memastikan bahwa laptop ini mampu menampilkan visual yang memukau.

Keunggulan layarnya bukan hanya sekedar OLED saja, karena di sini juga Anda bisa meningkatkan kecerahan hingga 550 nits dengan reproduksi warna yang sangat tajam. 

Uniknya lagi, meski laptop ini memiliki ketebalan 0.42 inci, laptop ini menawarkan port yang cukup lengkap, di antaranya adalah USB-A, HDMI, dan dua port Thunderbolt 4/USB-C.

Ini membuktikan bahwa ASUS bukan hanya menawarkan laptop tipis tapi juga fungsional, memungkinkan pengguna untuk tetap produktif dengan segala aktivitasnya. 

Dari sisi performa, Zenbook S 13 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-1355U, RAM 32GB, dan SSD 1TB, cukup kencang kan?

Namun, mungkin beberapa dari Anda merasa khawatir dengan sistem pendinginnya. Tak perlu khawatir karena ASUS mengatasinya dengan engsel yang dapat membuka hingga hampir 180 derajat untuk aliran udara yang lebih efektif. 

ASUS ZenBook S 13 OLED UM5302 

Laptop tipis terbaik kali ini masih dari ASUS, lebih tepatnya adalah ASUS ZenBook S 13 OLED UM5302.

Laptop ini cukup bikin takjub karena ketebalannya yang hanya 14,9 mm, dan bobot ringan sekitar 1,1 kg.

Selain itu, bahan magnesium-aluminium alloy memberikan tampilan premium, ditambah dengan desain minimalis dan logo ASUS Monogram, membuatnya semakin elegan dan mewah. 

Pada bagian layar, ada OLED 2,8K di mana teknologi ASUS OLED ini menawarkan reproduksi warna yang sangat akurat dan gamut 100% DCI-P3.

Tak hanya itu, bahkan layarnya telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display serta tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Bahkan menariknya, layarnya telah dilengkapi dengan teknologi Eye Care untuk mengurangi efek sinar biru yang berbahaya bagi mata.

Dan tentu tidak ketinggalan ada sertifikasi TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker semakin menegaskan komitmen ASUS untuk kesehatan mata pengguna. 

Dari segi fitur, Zenbook S 13 OLED (UM5302) mengandalkan ASUS ErgoSense Keyboard memastikan pengalaman mengetik yang nyaman.

Tak hanya itu, laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi AI Noise-Cancelling untuk meredam suara bising selama video conference, serta kehadiran mikrofon dengan dukungan multi-presenter.  

Lalu, bagaimana dengan performanya? Meski laptop ini mungil, namun kekuatan performanya sangat menakjubkan.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7 6800U berbasis Zen 3+ dengan arsitektur 6nm.

Dengan 8 core dan 16 thread, laptop ini bisa digunakan untuk editing konten, multitasking, hingga menonton video 4K tanpa masalah.

Selain prosesor yang kuat, ada juga penyimpanan PCIe Gen4 SSD dengan kapasitas sebesar 1TB dan memori LPDDR5-6400 berkapasitas 16GB. Keren, kan

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP (Android ataupun iPhone), Dijamin Mudah dan Berhasil!

HP Pavilion Plus 14-eh0032TX 

Sumber gambar: HP 

Selain ASUS, tentu saja merk HP tidak boleh dilewatkan dalam daftar laptop tipis terbaik. Di sini, kami merekomendasikan laptop HP Pavilion Plus 14-eh0032TX. Apa saja kelebihan yang ditawarkan? Pertama, tentu saja soal performa di mana laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi ke-12 Alder Lake, dengan 10 inti dan 12 thread yang menawarkan kecepatan turbo hingga 4,7 GHz. Ditambah dengan kartu grafis NVIDIA RTX 2050, performa grafisnya tergolong mumpuni untuk kebutuhan gaming dan aplikasi berat lainnya.  

Kartu grafis tersebut juga sudah dilengkapi dengan 2048 CUDA Cores dan memori 4GB GDDR6, sehingga performa grafisnya layak diacungi jempol. Kapasitas penyimpanan juga menjadi kelebihan lain dari laptop ini, dengan SSD NVMe PCIe berkapasitas 1TB yang memastikan Anda memiliki ruang lebih luas untuk menyimpan berbagai jenis file berukuran besar. Meski RAM-nya tidak bisa di-upgrade, kapasitasnya sudah cukup besar, yakni 16GB DDR4-3200 MHz. 

Tak hanya soal performa, bagian layar pun menjadi sorotan utama dalam laptop ini. HP telah membekali laptop ini dengan layar OLED berukuran 14 inci dan resolusi 2,8K, sehingga diklaim bisa menyajikan visual yang memukau. Bahkan, layar tersebut telah didukung oleh kecerahan yang mencapai 500 Nits. Dengan spesifikasi seperti ini, Anda bisa melakukan desain grafis dan editing video lebih nyaman, apalagi di sini juga sudah dibekali dengan aspek rasio 16:10 dan refresh rate 90 Hz. 

Dan tentunya, ukuran laptop ini sangat compact, karena dimensinya cukup ringkas, dengan panjang mencapai 31,3 cm, lebar 22,4 cm, dan ketebalan hanya 1,84 cm. Ditambah lagi, bobotnya hanya 1,35 kg, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk mobilitas tinggi. 
 

MacBook Air 15 (2023) 

Berbicara laptop tipis terbaik, kita tidak boleh melewatkan produk dari Apple. Di tahun 2023 ini, Apple mengeluarkan laptop tipis terbaik dengan nama MacBook Air 15. Dengan dimensi 13,4 x 9,35 x 0,45 inci dan bobot 3,3 pound atau sekitar 1,5 kg, laptop ini memang lebih berat daripada versi 13 incinya, tetapi masih sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. 
Meski begitu pada sisi performanya tetap kencang karena laptop ini dilengkapi dengan prosesor Apple M2 8-core, RAM 16GB, dan SSD 512GB yang cukup untuk tugas harian seperti browsing, streaming, dan pekerjaan kantor. Meskipun tanpa fan, MacBook Air ini mampu menangani beban kerja berat untuk jangka waktu yang cukup lama berkat desain termalnya.  

Beralih ke bagian layar, di sini ada layar 15,3 inci dengan resolusi 2880 x 1864 dan refresh rate 60 Hz yang diklaim mampu memberikan pengalaman visual yang memukau. Meskipun ada ‘notch’ yang cukup mengganggu, tetapi itu bisa diakali dengan dark mode untuk menutupinya. Selain itu, laptop ini juga mampu menangani beberapa game ringan, seperti No Man’s Sky, dengan framerate antara 70-80 fps. 

Untuk koneksi, sayangnya Apple masih mempertahankan pilihan port yang sama seperti versi 13 incinya: dua port Thunderbolt 3/USB 4 dan satu port MagSafe 3 untuk pengisian daya di sisi kiri, serta satu jack audio 3.5 mm di sisi kanan. Tidak ada port USB-C, ya. 

Lenovo Yoga Book 9i 

Sumber gambar: Lenovo 

Agak sedikit berbeda dengan laptop tipis terbaik yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Kali ini, Lenovo Yoga Book 9i mengusung dua layar yang terkesan sangat modern, canggih, dan premium. Apakah benar seperti itu? Mari telisik lebih jauh! 

Mulai dari layar, Yoga Book 9i memiliki dua layar OLED dengan resolusi 2,880 x 1,800 piksel. Layarnya cukup responsif dan sensitif terhadap sentuhan dengan kepadatan piksel sekitar 255 piksel per inci. Selain itu, layarnya mampu menampilkan warna yang lebih akurat berkat teknologi OLED-nya. Namun, sisi negatifnya adalah permukaan yang mengkilap dari kedua layar ini terkadang meninggalkan ‘bekas’ sidik jari. 

Baca Juga:  Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook Pro 16X OLED (N7600)

Lalu, di sisi performa, laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7-1355U yang memiliki total 10 inti. Namun, hasil uji benchmark dari PCworld menunjukkan bahwa laptop ini lebih fokus pada portabilitas daripada performanya. Meskipun begitu, untuk tugas-tugas sehari-hari, Yoga Book 9i cukup gesit dan responsif, meskipun mungkin bukan pilihan terbaik untuk gaming atau membuat konten. 
 

Dell XPS 15 9530 (2023) 

Sumber gambar: Dell 

Kalau laptop tipis satu ini menawarkan bezel yang super tipis di bagian layarnya, bahkan nyaris terlihat seperti tanpa bezel! Dell menawarkan berbagai pilihan spesifikasi layar, mulai dari layar Full HD+ dengan resolusi 1,920 x 1,200 piksel hingga layar OLED sentuh 3,5K.  
Selain layar, laptop yang memiliki panel layar 15,6 inci ini dibekali juga dengan dua port Thunderbolt 4, satu port USB-C 3.2 Gen 2, pembaca kartu SD, dan jack headphone. Namun, perlu diingat bahwa laptop ini tidak memiliki port USB Type-A, meski Dell menyertakan dongle USB-C ke USB-A dan HDMI di dalam paket pembeliannya. Satu poin yang masih menjadi kekurangan adalah kamera webnya yang hanya beresolusi 720p, kurang cocok untuk sekelas laptop premium. 

Lalu, di bagian performa, Dell XPS 15 dibekali dengan prosesor Intel Core i7-13700H, memori RAM 16GB, dan storage SSD 512GB. Bagi yang membutuhkan performa grafis ekstra, ada opsi upgrade ke Nvidia GeForce RTX 4070, meskipun terbatas pada 40 watt. Menariknya, Dell juga memberikan banyak opsi konfigurasi lain, termasuk memori hingga 64GB dan kapasitas penyimpanan hingga 8TB lho

Nah, di bagian ketahanan baterai, berdasarkan pengujian dari PC Mag, laptop ini sanggup bertahan lebih dari 14 jam saat memutar video beresolusi 720p dengan kecerahan layar di 50% dan volume audio di 100%. Jadi, bisa dibilang cukup tahan lama. Apakah Anda tertarik meminangnya? 

Acer Swift 3 OLED 

Sumber gambar: Acer 

Acer Swift 3 OLED adalah jawaban dari Acer untuk Anda yang mencari laptop dengan desain minimalis tanpa mengorbankan performa. Memiliki bodi dengan dimensi 312.9mm x 214mm x 17.90mm dan bobot sekitar 1,4 kg, laptop ini menawarkan portabilitas tanpa mengorbankan performa. Walaupun dengan ketebalan 17,9 mm, Swift 3 OLED masih sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana. 

Sebagai salah satu laptop tipis terbaik versi kami, tentu saja laptop ini bukan hanya menawarkan bodi yang ramping, tetapi spesifikasi yang mumpuni, salah satunya adalah di bagian layar. Acer Swift 3 OLED dilengkapi layar OLED 14 inci dengan resolusi tinggi 2,8K atau 2880 x 1800 piksel. Hasilnya adalah tampilan visual yang begitu tajam dan jernih, yang menjadi salah satu keunggulan utama dari laptop ini. 

Sedangkan untuk bagian desain, keyboard-nya dirancang untuk memberi kenyamanan saat mengetik. Tak hanya itu, laptop ini juga menawarkan touchpad yang luas, memungkinkan pergerakan kursor lebih leluasa. Sedangkan bagian tombol power dirancang sedikit lebih keras untuk menghindari shut down yang tidak disengaja. 

Di sektor performa, Acer Swift 3 OLED didukung oleh prosesor Intel Core i5-12500H, GPU terintegrasi Intel Iris Xe, RAM 16GB, dan SSD NVMe berkapasitas 512GB. Kombinasi seperti tadi memastikan laptop Anda bebas dari lag dan mampu menjalankan aplikasi yang memerlukan kinerja GPU tinggi. Untuk daya tahan baterainya pun cukup mengesankan, hasil uji dari Medcom, laptop ini mampu bertahan hingga sekitar 8 jam dalam penggunaan sehari-hari. 

Huawei Matebook X Pro (2022) 

Sumber gambar: Huawei 

Apakah Anda sedang mencari laptop tipis dan ringan yang juga memiliki spesifikasi tinggi? Huawei MateBook X Pro 2022 mungkin jawaban yang tepat. Dengan dimensi 310mm x 221mm x 15.6mm, ia sedikit lebih besar dari model sebelumnya, tetapi lebih ringan dengan berat hanya 1.26 kg. Meskipun tidak diperkenalkan sebagai laptop rugged (tahan banting), tetapi chassis-nya yang terbuat dari magnesium memberikan sensasi yang kaku dan durabilitas tinggi. 

Meski begitu, desain dari laptop ini masih nampak sangat elegan dengan sudut-sudut yang lebih melengkung. Lalu, layar 14,2 inci yang dikelilingi oleh bingkai tipis memberikan ratio-to-body hingga 92,5%. Kami juga mau mengapresiasi bagian webcam-nya, karena kali ini Huawei meletakkan webcam 720p-nya di tengah bagian atas bingkai layar, menggantikan model pop-up di keyboard yang banyak dikritik oleh konsumen. 

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password WiFi Yang Sudah Tersambung di Windows, Mac dan Android

Sedangkan di bagian performa, laptop ini diitenagai oleh prosesor Intel Core i7-1260P dengan arsitektur big.LITTLE, sehingga performanya tergolong kencang. Bahkan, prosesor ini memiliki 4 inti performa, 8 inti efisiensi, dan 16 thread, yang melebihi performa model sebelumnya. Meskipun GPU-nya masih Intel Iris Xe G7 yang sama dan tidak ada opsi GPU diskrit, laptop ini tetap cukup kuat untuk gaming ringan dan pengeditan foto. 
 

ROG Flow Z13 (2023) 

ROG memang dikenal sebagai kategori laptop khusus gaming, tapi kali ini ada laptop ROG yang menawarkan bukan hanya sekedar untuk gaming namun juga untuk Anda yang aktif membawa laptop kemana pun. Laptop tipis terbaik ini menawarkan kinerja yang gahar dengan ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13900H dan kartu grafis Nvidia RTX 4050.  

Dengan RAM 16GB LPDDR5 dan penyimpanan 1TB SSD PCIe 4.0 NVMe M.2, Anda bisa bermain game atau menjalankan aplikasi berat tanpa masalah. Ada empat mode default yang telah diset oleh ASUS melalui aplikasi Armoury Crate, ditambah satu mode custom yang memungkinkan Anda untuk mengatur performa sesuai kebutuhan. 

Meski performanya tergolong sangat kencang, namun desain laptopnya sangat minimalis. Dibekali dengan kickstand atau penyangga, ASUS ROG Flow Z13 memang didesain untuk digunakan di atas meja atau alas datar lainnya. Untuk Anda yang senang bermain game sambil bersandar, laptop ini mungkin bukan pilihan yang tepat. Meski demikian, layar touchscreen berukuran 13,4 inci dengan resolusi WQHD+ dan refresh rate 165Hz menjadi salah satu keunggulan utamanya. Ditambah lagi, layar ini didukung oleh teknologi ROG Nebula Display, yang menjanjikan kualitas gambar lebih nyata. 

Dari segi port, laptop ini lebih unggul dibandingkan tablet lainnya, namun tetap kurang jika dibandingkan dengan laptop pada umumnya. Di sini hanya tersedia sepasang port USB, namun bisa Anda tambahkan dengan membeli dongle atau menggunakan ROG XG Mobile untuk eGPU dan port tambahan. Jika Anda tidak masalah dengan hal itu, segera check out laptop ini di e-commerce kesayangan! 
 

LG Gram Pro 17 

Sumber gambar: Tom’s Guide 

Last but not least, mungkin merk LG jarang terdengar gaungnya di Indonesia, namun ada satu laptop tipis terbaik yang diproduksi oleh mereka, yaitu LG Gram Pro 17. Dengan dimensi 14,9 x 10,2 x 0,7 inci, laptop ini hampir identik dengan versi LG Gram 17 sebelumnya, tetapi sedikit lebih berat, yakni sekitar 1.4kg. Meskipun begitu, perangkat ini masih terasa sangat ringan dan nyaman untuk dibawa ke mana saja. 

Dari segi desain, laptop ini memiliki bodi magnesium alloy dengan finishing hitam matte yang elegan meski mudah meninggalkan bekas sidik jari. Namun, sisi positifnya, desain ini menawarkan kesan simpel dan fungsional tanpa banyak ornamen. 

Salah satu poin menarik dari LG Gram 17 Pro adalah layar IPS LCD WQXGA 17 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel dan refresh rate 144Hz. Layar ini menawarkan tingkat kecerahan dan akurasi warna yang sangat baik. Meskipun tidak cukup terang untuk digunakan di bawah sinar matahari langsung, tetapi di dalam ruangan, kualitas layarnya lebih dari cukup. Dengan kecerahan rata-rata 437,8 nits, layar ini bahkan lebih cerah daripada model LG Gram 17 tahun 2022. 

Soal performa, LG Gram 17 Pro didukung oleh prosesor Intel Generasi ke-13, kartu grafis GeForce RTX 3050, dan RAM LPDDR5 16GB. Ini membuatnya lebih dari cukup untuk menangani pekerjaan sehari-hari yang melibatkan streaming musik, menonton video, hingga menjalankan berbagai aplikasi dengan banyak tab browser terbuka. Jika Anda suka gaming ringan, laptop ini juga bisa menjadi pilihan, walaupun tidak bisa main game AAA dengan rata kanan. 

Ya, itulah tadi pembahasan kami mengenai rekomendasi laptop tipis terbaik di tahun 2023. Apabila Anda punya rekomendasi lainnya, jangan ragu untuk tuliskan di kolom komentar, ya. Jadi, laptop mana yang paling menarik perhatian Anda? 

Rate this post

Artikel Terkait

Leave a Comment

Ads - Before Footer