Begini Cara Restart Laptop Asus Dengan Keyboard

Karya Hakim

Cara Restart Laptop Asus Dengan Keyboard

Cara restart laptop Asus hanya dengan bantuan keyboard sangat mungkin dilakukan. Tak hanya laptop Asus aja sih. Semua laptop bisa direstart hanya dengan memanfatkan bantuan keyboard. Tanpa harus menggunakan mouse ataupun touchpad.

Kok bisa? Ya, bisa.

Keberadaan keyboard pada laptop bukan sebatas untuk keperluan ketik-mengetik belaka. Tapi juga dirancang untuk menunjang seluruh pengoperasian sistem komputasi. Termasuk untuk melakukan restart tanpa harus menggunakan cara-cara “klik” lewat touchpad maupun mouse.

Anda penasaran bagaimana cara melakukan restart pada laptop hanya bermodalkan keyboard? Silakan simak langkah-langkahnya pada artikel ini sampai akhir. Namun sebelum masuk ke pembahasan tentang cara melakukan restart pada laptop Asus dengan bermodalkan keyboard, ada baiknya kami utarakan terlebih dahulu tentang apa itu restart dan kenapa laptop harus direstart, serta kenapa harus melakukan restart lewat keyboard.

Apa itu Restart?

Secara sederhana restart berarti menyetel ulang kerja sistem, yang teknisnya berupa mematikan kerja mesin pada perangkat komputer namun secara otomatis akan dapat hidup lagi dengan sendirinya tanpa harus menekan tombol power.

Bisa dikatakan, restart adalah sebuah perintah untuk menjalankan ulang sistem. Semua kerja sistem yang awalnya sedang berjalan akan dihentikan dan akan dijalankan kembali dari awal secara otomatis, dengan cara memutus pasokan listrik sementara. Biasanya perintah ini dipakai ketika terjadi masalah pada sistem.

Istilah restart tak hanya diperuntukkan bagi perangkat komputer ataupun laptop. Pada perangkat ponsel pun terdapat istilah restart yang punya makna fungsional yang sama dengan restart pada perangkat komputer atau laptop. Mematikan kerja mesin untuk kemudian hidup kembali secara otomatis tanpa perlu menekan tombol power.

Baca Juga:  Cara Screenshot di Laptop Asus Tanpa Aplikasi

Ada dua jenis restart dalam sistem komputasi secara umum: (1) soft-restart dan (2) hard-restart. Soft-restart adalah sebuah kegiatan menyetel ulang sistem dengan cara mematikan kerja mesin yang kemudian akan hidup lagi secara otomatis tanpa perlu menekan tombol power. Sedangkan hard-restart itu menyetel ulang sistem ke dalam setelan asal ataupun setelan pabrik, yang lebih dikenal dengan istilah reset.

Untuk restart jenis pertama, jika dilakukan tidak akan sampai menghilangkan data-data dan pengaturan sistem yang telah ditetapkan. Sementara untuk jenis hard-restart biasanya akan menghilangkan semua data sistem (folder C), termasuk data/file yang tersimpan di folder tersebut. Sehingga jika hendak dilakukan hard-restart sebaiknya data-data yang ada pada folder tersebut harus dibackup terlebih dahulu, sebagai langkah preventif-antisipatif.

Baca juga : Cara Screenshot di Laptop Asus Tanpa Aplikasi

Kenapa Laptop Harus Direstart?

Soal kenapa laptop harus direstart, ada banyak jawaban yang sebetulnya mungkin bisa dikemukakan. Terlebih lagi jika jawaban tersebut dilihat dari pandangan masing-masing pengguna laptop. Akan tetapi, secara umum, alasan laptop direstart tidak lepas dari hal-hal berikut:

  • Restart dilakukan ketika prosesor ataupun RAM sudah mencapai kondisi yang payah atau panas, yang kadang membuat kinerja laptop semakin menurun, sebagai bentuk jaga-jaga untuk menghindari hang atau macet.
  • Restart dilakukan ketika harus menginstal update-an atau pembaruan software Windows.
  • Begitu juga ketika antivirus hendak menyempurnakan proses penghapusan virus di laptop, biasanya membutuhkan tindakan restart.

Bahkan yang umum kita dengar dan dapati adalah restart seolah menjadi sebuah solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada kinerja laptop. Misal laptop lemot, atau terjadi masalah dalam menjalankan sebuah aplikasi, biasanya orang akan merekomendasikan untuk merestart. “Coba direstart dulu!”

Kenapa Harus Restart Melalui Keyboard?

Ada beberapa kemungkinan jawaban yang dapat kami kemukakan terkait pertanyaan kenapa harus melakukan restart melalui keyboard. Pertama, bisa jadi dilakukannya restart lewat keyboard karena toucpad dan port-port untuk pemasangan mouse pada laptop itu rusak. Sehingga mau tak mau, perintah restart dilakukan lewat keyboard. Kedua, pengen aja merestart laptop lewat keyboard. Biar tak monoton, bisa juga buat ajang pamer skill di hadapan kawan sepertongkrongan. Ketiga, baru tahu info tentang tutorial “restart lewat keyboard” dan langsung ingin mengamalkannya.

Baca Juga:  Ketahui Cara Melihat Log Panggilan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Nah, supaya tak penasaran tentang bagaimana cara melakukan restart laptop Asus hanya dengan bermodalkan keyboard, silakan simak paragraf-paragraf berikut ini sampai akhir.

Cara Restart Laptop Dengan Keyboard

Cara melakukan restart laptop Asus hanya dengan bermodalkan keyboard bisa Anda lakukan dengan beberapa opsi. Tentu saja, opsi-opsi yang kami kemukakan sangat mudah untuk dilakukan, dan dijamin berhasil. Berikut adalah beberapa opsi cara lakukan restart pada laptop Asus hanya dengan keyboard.

Melakukan Restart Laptop Lewat Kombinasi Tombol “Alt + F4”.

Cara yang pertama untuk melakukan restart hanya bermodalkan keyboard dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol “Alt + F4”. Cara ini biasanya berlaku untuk semua laptop, termasuk laptop merek Asus, yang menggunakan basis OS Windows 7 ke atas, atau juga Windows XP. Bagaimana caranya? Silakan simak step-stepnya di bawah ini:

  • Ketika laptop menyala, silakan klik kombinasi tombol Alt + F4 secara bersamaan.
  • Lalu akan muncul beberapa opsi pada menu Power yang ditampilkan. Silakan pilih opsi “Restart”. Caranya dengan menggunakan tombol “arah” pada keyboard.
  • Kemudian tekan “Enter”. Selesai.

Baca juga : Cara Screenshot Di Laptop Asus

Restart Laptop Lewat Kombinasi Tombol “Ctrl + Alt + Del”

Cara berikutnya untuk restart laptop Asus dengan keyboard bisa dilakukan melalui bantuan kombinasi tombol “Ctrl + Alt + Del”. Cara ini sebetulnya hampir sama dengan cara yang pertama (Alt + F4). Hanya saja, cara yang pertama (Alt + F4) jika Anda sedang membuka banyak aplikasi, maka ia akan menutup jendela aplikasi yang sedang dibuka terlebih dahulu, baru bisa masuk ke opsi “Restart”.

Lain dengan cara kombinasi tombol “Ctrl + Alt + Del”. Ketika Anda melakukannya, maka akan langsung muncul opsi pada pojok kanan-bawah. Salah satunya adalah opsi “Restart”. Silakan pilih opsi “Restart” tersebut dengan menggunakan tombol “arah”, lalu tekan Enter. Laptop anda pun akan restart dengan sendirinya. Selesai.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password WiFi Yang Sudah Tersambung di Windows, Mac dan Android

So, opsi ini kami kira lebih cepat daripada opsi yang pertama.

Restart Laptop Melalui Kombinasi Tombol “Win + R”

Cara restart laptop Asus dengan keyboard selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol “Win + R”. Kombinasi tombol ini dikenal sebagai shortcut untuk masuk ke fitur Windows Run. Caranya silakan tekan kombinasi tombol “Win + R”, lalu akan muncul menu box Windows Run. Silakan ketikkan teks “shutdown -r” (tanpa tanda petik ya). Lalu tekan Enter. Selesai. Sangat mudah, kan?

Restart Laptop Melalui Start Menu (Jalur Normal)

Anda juga bisa melakukan restart laptop seperti halnya menggunakan touchpad atau mouse walau hanya dengan keyboard. Bedanya hanya terletak pada navigasi. Jika lewat touchpad atau mouse Anda akan langsung klik-klik saja. Namun jika menggunakan keyboard, maka akan banyak membutuhkan peran tombol “arah”.

Bagaimana caranya? Caranya agak sedikit berbeda antara laptop dengan OS Windows 7, XP dan Windows 8.

  • Untuk laptop yang menggunakan OS Windows 7 dan XP, silakan tekan tombol “Windows” pada keyboard, kemudian tekan tombol arah kanan sebanyak dua kali, lalu pilih “Restart” dengan cara menekan tombol arah atas.
  • Sementara untuk laptop dengan OS Windows 8, silakan tekan kombinasi tombol “Win + C”, kemudian navigasikan kursor ke ikon “Power” dengan cara menekan tombol arah ataupun tab, lalu pilih “Restart”.

Nah, itulah beberapa opsi cara restart laptop Asus hanya dengan bantuan keyboard. Semuanya sangat mudah untuk dilakukan, kan? Jadi, ketika laptop Anda mengalami masalah pada bagian touchpad ataupun port untuk koneksi mouse, tak perlu khawatir. Anda tetap bisa lakukan restart laptop hanya dengan bantuan keyboard. Mau membuktikan? Silakan dicoba.

5/5 - (1 vote)

Artikel Terkait

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer