Cara Screenshot di Laptop

Karya Hakim

Cara Screenshot di Laptop

Cara screenshot di laptop tanpa aplikasi tambahan bisa dilakukan dengan beberapa hal. Screenshoot merupakan salah satu fitur yang paling dibutuhkan dalam sebuah perangkat laptop untuk menangkap layar baik itu berupa gambar maupun rekaman video. Ada berbagai cara screenshot di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows maupun Mac tanpa aplikasi tambahan dengan fungsi yang berbeda. Hal ini perlu diketahui oleh para penggunanya agar bisa mempermudahnya dalam menangkap layar. 

Cara Screenshot Laptop Windows 10

Cara screenshot di laptop berbasis Windows 10 bisa dilakukan dengan menekan tombol Prt Sc SysRq (Print Screen) yang berada pada keyboard. Tombol Print Screen terletak pada baris paling atas sebelah kanan. Namun, hal ini bisa berbeda untuk beberapa jenis laptop maupun laptop, yang biasanya memerlukan tombol function tambahan lainnya untuk melakukan tangkapan layar.

Anda perlu menggunakan tombol function lainnya dengan cara menekannya secara bersamaan dengan tombol Prt Sc SysRc agar bisa melakukan screenshot. Berikut cara screenshot di laptop Windows 10, antara lain:

Tekan Tombol Prt Sc SysRq

Cara screenshot di laptop Windows 10 umumnya bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol Prt Sc SysRq yang tersedia di bagian kanan atas tombol keyboard. Kemudian Anda bisa memilih area tertentu yang akan di rekam layarnya. 

Hasil tangkapan layarnya nanti bisa dicopy dengan menekan tombol Ctrl + C secara bersamaan, maka akan tersimpan di clipboard. Langkah berikutnya, Anda bisa langsung menempelkan hasil tangkapan gambar tersebut secara langsung di aplikasi dokumen seperti word dengan shortcut Ctrl + V secara bersamaan untuk perintah paste.

Baca Juga:  ASUS Zenbook 14X OLED (UX5401), Pilihan Terbaik Untuk Pebisnis Muda

Alt + PrtSc

Cara screenshot di laptop selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan shortcut Alt + PrtSc. Shortcut ini bisa dimanfaatkan untuk menangkap layar yang sedang aktif saja. Misalnya saat Anda sedang menjalankan video di YouTube dengan tampilan yang di-minimize, maka hasil screenshotnya nanti hanya berupa jendela YouTube tersebut.

Hasil tangkapan layarnya nanti harus dicopy terlebih dahulu dengan menekan tombol Ctrl + C secara bersamaan, maka akan tersimpan di clipboard. Langkah berikutnya jika ingin mengeditnya, Anda bisa langsung menempelkan hasil tangkapan gambar tersebut secara langsung di aplikasi lain dengan shortcut Ctrl + V secara bersamaan untuk perintah paste.

Windows Key + Shift + S

Cara screenshot di laptop Windows 10 juga bisa dilakukan dengan menekan shortcut Windows + Shift + S. Shortcut ini nantinya akan mengarahkan Anda ke aplikasi bawaan Windows yang bernama Snip & Sketch. Saat Anda menekan shortcut tersebut, nantinya layar laptop akan meredup dan petunjuk mouse akan berubah.

Baca juga : Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya hanyalah menentukan bagian layar mana yang akan di screenshot. Setelah itu, Anda langsung bisa menyunting hasil tangkapan layar di aplikasi Snip & Sketch. Ketika selesai, langsung saja menyimpannya dengan klik ikon save pada bagian atas aplikasi.

Windows Key + PrtSc

Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan menekan kombinasi tombol Windows + Prt Sc untuk memerintahkan tangkapan seluruh layar. Bisa juga ditambahkan dengan tombol Fn yang terletak di sebelah ikon Windows. Sehingga perintahnya berupa kombinasi tombol Fn + Windows + Prt Sc. 

Hasil tangkapan layarnya nanti akan langsung disimpan sebagai file foto di folder Picture. Laptop secara otomatis akan memasukkannya dengan sub folder Screenshots. Hal ini tentu akan sangat mempermudah Anda dalam menangkap layar karena tidak perlu menekan perintah copy paste. Anda hanya perlu membuka folder screenshotnya saja.

Baca Juga:  Mengetahui Cara Mengganti Password Wifi Indihome

Cara Screenshot di Laptop Mac OS

Jika Anda terbiasa dengan laptop Windows, maka akan ada perbedaan yang signifikan dalam hal cara screenshot di laptop berbasis Mac OS. Meskipun berbeda, namun caranya masih tergolong simple. Anda bisa membiasakannya dengan cepat. Berikut ini beberapa cara screenshot di laptop Mac OS, antara lain:

Shift + Command + 3

Cara screenshot di Laptop berbasis Mac OS yang pertama bisa dilakukan dengan menekan tombol Shift + Command + 3. Ini merupakan sebuah shortcut yang biasa digunakan untuk menangkap layar secara penuh di Mac OS. Kemudian, Anda hanya perlu menyunting hasil tangkapan layar dengan klik gambar mini di sudut layar. Tunggu beberapa saat hingga hasil tangkapan layar tersebut tersimpan tanpa proses mengedit di laptop Mac OS.

Shift + Command + 4

Cara screenshot selanjutnya bisa menggunakan kombinasi shortcut Shift + Command + 4 yang biasa digunakan menangkap sebagian layar laptop Mac OS saja. Anda hanya perlu memilih area tertentu yang akan discreenshot dengan cara menarik kursornya. 

Jika Anda ingin mengganti area yang dipilih, maka cukup pindahkan petunjuk bidik (kursor) dan menahan bar spasi untuk menentukan Kembali area layar yang akan ditankap layarnya.

Baca juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop

Shift + Command + 4 + Bar Spasi

Cara berikutnya bisa dilakukan dengan menekan tombol shortcut Shift + Command + 4 + Bar Spasi. Hal ini biasanya digunakan untuk screenshot layar pada jendela tertentu. Anda hanya perlu menekan shortcut keyboard tersebut secara bersamaan, lalu klik jendela atau menu yang akan dipilih agar bisa ditangkap layar dan tahan tombol option. 

Jika Anda ingin mengedit hasilnya, biasanya akan ada kesempatan setelah melakukan perintah screenshot. Namun jika tidak, Anda hanya perlu menunggunya hingga prosesnya selesai dan tersimpan di laptop Mac OS.

Baca Juga:  Cara Mudah Mengetahui Nama Kontak Kita di HP Teman Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi

Jika Anda masih kebingungan atau belum hapal shortcut yang digunakan, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi tambahan untuk menangkap layar. Seperti yang diketahui bahwa, selain menggunakan fitur screenshot bawaan laptop, cara screenshot di laptop sebenarnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketiga. 

Namun sebelumnya, Anda tentu saja harus mendownload aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya sebagai aplikasi screenshot laptop. Adapun beberapa aplikasi tambahan atau pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk screenshot adalah sebagai berikut:

PhotoScape X

Aplikasi PhotoScape X merupakan software yang biasa digunakan untuk editing foto. Di dalamnya juga tersedia fitur untuk menangkap layar (screenshot). Oleh sebab itu, jika Anda tidak ingin ribet menghapalkan perintah shortcut, maka menginstall aplikasi ini adalah salah satu solusinya.

ShareX

ShareX merupakan software sumber terbuka yang bisa diakses secara gratis. Aplikasi ini memungkinkan Anda menangkap atau merekam area mana pun di layar Anda dan membagikannya dengan menekan satu tombol saja. ShareX menyediakan 15 cara screenshot di laptop dengan mudah.

GreenShot

Aplikasi Greenshot memungkinkan Anda membuat dan mengedit tangkapan layar dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan beberapa pilihan yang memungkinkan untuk menangkap jendela, sebagian layar atau seluruh layar sekaligus. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga bisa membuat anotasi, menyorot, atau mengaburkan bagian screenshot dengan mudah.

Demikian beberapa cara screenshot di laptop yang bisa Anda gunakan untuk menangkap layar maupun merekamnya dalam bentuk video. Semua cara di atas sebenarnya mudah, Anda hanya perlu membiasakannya agar tidak perlu menghapalkannya satu persatu.

5/5 - (1 vote)

Artikel Terkait

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer