Catat! Begini Syarat dan Cara Membuat Website Gratis

Karya Hakim

Cara Membuat Website Gratis

Cara membuat website gratis dengan mudah sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, terlebih di zaman yang sudah sangat maju seperti sekarang. Tahukah Anda ternyata sekarang ini website menjadi kebutuhan penting untuk mempromosikan suatu produk. Selain itu, website juga sering dipakai untuk dan membangun sebuah citra dalam menjangkau audiens dengan luas.

Di era digital seperti sekarang website dianggap penting terutama untuk pebisnis karena banyak orang tidak percaya tanpa adanya website. Lalu, apakah bisa membuat website secara gratis agar bisa meminimalisir bujet? Mungkin tampak sedikit rumit bagi para pemula untuk membuat sebuah website. Tapi bagi Anda yang masih penasaran, berikut ada beberapa tahapan pembuatan website yang bisa diikuti.

Syarat Membuat Website Gratis

Sebelum menuju ke langkah-langkah pembuatan website, Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang beberapa hal yang perlu disiapkan. Dalam membuat sebuah website ada syarat yang harus dipenuhi, diantaranya :

  • Memilih Platfrom

Sebelum membuat website, Anda pilih dulu platform yang akan digunakan. Platform yang telah tersedia ini akan membantu memudahkan Anda untuk membuat website. Beberapa platform gratis yang membantu Anda membuat website gratis diantaranya: WordPress, Drupal, Joomla! dan lain sebagainya.

  • Mempunyai Domain

Domain yang dimaksud di sini adalah nama yang terkait alamat IP fisik dalam internet. Biasanya muncul setelah tanda @ pada alamat email dan setelah www di alamat web.

Misalnya nama domain google.com atau example.com yang bisa diterjemahkan ke alamat fisik 198.102.34.8. Alamat web ini akan lebih mudah diingat dan diketik ketika anda menggunakan nama domain untuk identifikasi lokasi di internet.

  • Mempunyai Hosting

Hosting atau Web Hosting ini merupakan perangkat komputer yang tersambung layanan internet. Fungsinya yaitu untuk menyimpan data-data website agar nantinya bisa diakses siapa saja secara online. Web hosting ini berperan penting untuk meninggikan keberadaan suatu website di internet.

Baca Juga:  Mudahnya Cara Mengubah Foto Menjadi PDF Menggunakan Aplikasi

LangkahLangkah Membuat Website Gratis

Perlu diketahui, umumnya Domain dan Hosting bisa didapatkan secara gratis. Lanjut, ke langkah selanjutnya yaitu mengenai tahapan atau cara membuat website gratis langkah–langkahnya sebagai berikut:

Menentukan Jenis website

Langkah pertama Anda perlu mengetahui jenis website seperti apa yang akan Anda buat. Pada internet terdapat berbagai jenis website yang dipecah ke dalam beberapa kategori yaitu berdasarkan sifat, platform, dan fungsinya.

Membuat website sama halnya ketika ingin membeli produk, perlu pertimbangan untuk menemukan produk yang paling tepat untuk Anda. Karenanya Anda perlu memahami beberapa jenis website yang ada agar bisa menentukan jenis website terbaik untuk Anda.

  1. Jenis Website Berdasarkan sifatnya

  • Website Statis

Memiliki konten konstan atau tidak berubah, yang biasanya dibuat menggunakan platform blog seperti wordpress dan joomla. Biasanya website ini digunakan untuk website perusahaan yang hanya perlu memberikan informasi dasar seperti alamat, kontak, dan sejarah perusahaan.

  • Website Dinamis

Website dinamis adalah website dengan konten yang selalu di update secara berkala yang menampilkan konten-konten dari database dan hanya bisa diakses oleh webmaster atau developer. Kebanyakan website pun besifat dinamis dikarenakan lebih mudah dikelola dibandingkan website statis.

  1. Jenis Website Berdasarkan Platform

Selanjutnya jenis website berdasarkan platformnya. Nah, jika berdasarkan platform Anda bisa membangun website dengan tiga metode. Diantaranya yaitu menggunakan Website Builder, CMS, dan Custome Code.

Baca juga : Cara Mengganti Password Wifi Indihome

  1. Jenis Website Berdasarkan Fungsi

  • Blog atau Website Pribadi

Dijaman sekarang, blog menjadi media paling efektif untuk mendokumentasikan pengalaman pribadi, opini, atau kisah perjalanan. Dan tidak sedikit pula yang bisa mendapatkan penghasilan melalui blog pribadi.

  • Ecommerce/ Toko Online
Baca Juga:  Cara Screenshot di Laptop

Anda juga bisa memanfaatkan website untuk membuat toko online, website ini bisa difungsikan sebagai toko Anda di dunia maya. Dimana website ini dapat mengarahkan calon pembeli agar dapat melakukan transaksi secara mudah di website.

  • Website Perusahaan

Website perusahaan ini berfungsi supaya calon pelanggan dapat menemukan informasi tentang perusahaa Anda. Selain itu, perusahaan yang mempunyai website resmi akan mendapatkan tingkat kepercayaan yang lebih dimata konsumen.

  • Blog Promosi

Selain sebagai laman pribadi, blog juga bisa digunakan sebagai media promosi. Anda dapat membuat konten menggunakan kata kunci yang sering dicari oleh calon konsumen, sehingga bisa mendapat trafik ke website toko online atau website perusahaan melalui blog.

  • Organisasi hingga Instansi Pemerintah

Dijaman sekarang ini, institusi pemerintah diharuskan mempunyai situs resmi agar masyarakat dapat mengakses informasi dengan mudah. Selain itu website juga bisa menjadi media yang transparan dari pemerintah.

  • Media Sharing

Website jenis ini hanya berfungsi untuk berbagi media baik gambar, file music, hingga video. Dimana di upload user ke sebuah situs dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya seperti YouTube.

  • Komunitas Online

Dalam website ini pengunjung mendapatkan informasi terbaru dan tutorial dari satu atau beberapa topik tertentu.

  • Website Berita

Website dengan tujuan menyebarkan berita, sehingga portal berita online berhasil menggeser bentuk media lain sebagai sumber informasi.

Mengatur Hosting dan Domain (Gratis)

Pengaturan hosting dan domain sangat penting, karena tanpa keduanya website tidak akan bisa diakses oleh banyak orang melalui internet. Pengaturannya Anda bisa memakai website WordPress secara gratis. Adapun pilihan lain untuk pengaturan hosting dan domain di Indonesia bisa menggunakan salah satu jasa yang tersedia.

Baca Juga:  ASUS VivoBook 14 (A416), Pilihan Terbaik Semua Kalangan

Seperti yang diketahui, ada banyak sekali tersedia jasa hosting dan domain yang mana masing-masing menawarkan pilihan paket dengan harga yang beragam. Pastikan untuk memilih sesuai dengan bujet dan kebutuhan Anda ya!

Menginstal Tema dan Memasang Plugin

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menginstal tema yang tersedia. Anda bisa memanfaatkan bagian fitur tema jika menginginkan instalasi tema yang cepat dan mudah. Ataupun Anda bisa install tema melalui Dashboard WordPress secara langsung.

Berikutnya memasang plugin dimana Anda  mendapatkan tambahan beberapa fitur yang Anda inginkan. Mulai dari yang bersifat teknis, desain dan tampilan seperti galeri dan page builder, sampai dengan social media dan share button.  Untuk menginstal pilih menu Plugins > Add > New (cari yang dibutuhkan ) > klik Install Now. Tunggu sampai muncul tombol Activate lalu klik tombolnya.

Melakukan Optimasi Web

Terakhir melakukan optimasi Web dan selanjutnya Anda sudah bisa mengisinya dengan konten tulisan, foto, portofolio, video bahkan produk yang ingin dijual. Namun website butuh optimasi baik dari sisi kecepatan maupun ranking di mesin pencari. Maka dari itu sebaiknya lakukan dua jenis optimasi yaitu optimasi kecepatan untuk mempercepat waktu loading website. Satunya lagi optimasi SEO untuk memudahkan website Anda dalam mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian.

Itulah beberapa syarat sekaligus Cara membuat website gratis yang mudah dan cepat. Menariknya lagi, Anda juga bisa bereksperimen dengan WordPress tanpa batas sehingga bisa mengubah tampilan maupun cara kerja dari WordPress itu sendiri. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Artikel Terkait

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer